Bisnis E-commerce Semakin Melejit

technology-shopping-and-icons_23-2147661047

Tidak terasa kita sudah berada di tahun 2019. Diawal tahun 2019 ini, saat waktu yang tepat untuk mematangkan kembali semua rencana tren bisnis yang telah disusun. Salah satunya adalah tren bisnis internet yang semakin hari terus berkembang pesat.

Diprediksi diseluruh dunia penjualan e-commerce akan tumbuh hingga 4 triliun US dolar pada tahun 2020 nanti. Pasar e-commerce di India diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat untuk menjadi pasar e-commerce terbesar kedua di dunia. Jadi apabila mempertimbangkan untuk mendirikan bisnis e-commerce, sekaranglah adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Di Indonesia bisnis e-commerce dibilang juga perkembangan  pesat.

Kemudahan Melakukan Bisnis

Keinginan orang untuk belanja online saat ini boleh dibilang cukup tinggi. Produk di seluruh kategori, seperti gaya hidup, elektronik konsumen, ritel, kesehatan, musik, dan perjalanan berjalan dengan cepat. Inovasi seperti pembayaran digital, logistik hiper-lokal, dan analitik back-end, telah memberikan arti baru bagi banyak orang. Teknologi telah membuat belanja online, aman, mudah, dan nyaman untuk dilakukan. Ini memberi pelanggan bisnis untuk melihat beberapa pilihan, membaca ulasan, dan kemudian memilih produk.

Lakukan Investasi Pikiran

Sebagai seorang pelaku bisnis, penting untuk memiliki visibilitas yang cukup dan menarik pelanggan baru yang menyukai produk Anda. Salah satu manfaat utama dari e-commerce adalah biaya startup yang rendah. Tanpa berinvestasi dalam ruang fisik atau harus membayar staf anda, Pelaku bisnis dapat merancang e-store dan menjangkau audiens yang lebih besar. Dengan pengeluaran bisnis yang relatif lebih rendah, e-commerce adalah investasi yang menarik bagi para pengusaha.

Tidak Ada Batas Geografis

Tidak seperti bisnis ritel, keberadaan platform e-commerce tidak terbatas pada area geografis. Dimana pelaku bisnis berada selalu dapat terbuka untuk bisnis. Melalui e-commerce bisnis yang dilakukan bisa menjangkau pemirsa di seluruh dunia. Bahkan bisnis yang dilakukan dapat menjalankan iklan di platform media sosial, untuk menarik pelanggan di berbagai zona waktu, memamerkan produk, menjual lebih banyak, mengirim buletin, dan juga menarik mereka melalui penargetan ulang iklan.

Paham Pelanggan

Pelaku bisnis e-commerce yang memiliki ruang sendiri, pada saat yang sama bisa menjual di Shopify, Amazon, Flipkart, Paytm, dan lain-lain. Tetapi untuk meningkatkan kesadaran konsumen, pelaku bisnis e-commerce perlu mencari tahu siapa pelanggan berkualitas.

Berdasarkan empat faktor diatas,maka pelaku bisnis e-commerce dapat menyusun strategi pemasaran dan menargetkan pelanggan. Data yang dikumpulkan melalui penjualan akan membantu  memahami pelanggan dan menyusun strategi. Dapat disimpulkan bahwa e-commerce menambah nilai yang luar biasa bagi dunia bisnis.

Sumber : warta ekonomi co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shop By Department