Menjamurnya situs belanja online atau e-Commerce semakin mendorong konsumen untuk berbelanja, karena situs belanja online tersebut gencar menawarkan promosi. Dengan menawarkan harga miring, cashback, hingga promo gratis ongkos kirim, berbelanja di situs belanja menjadi gaya hidup baru, dan mengubah kebiasaan sebelumnya.

Agar semakin nyaman berbelanja di situs belanja online, sebaiknya pastikan telah mengetahui cara berbelanja dan bertransaksi dengan aman dan nyaman di situs belanja online Indonesia. Supaya aman berbelanja online lakukan cara-cara dibawah ini;

  1. Lakukan riset terhadap situs belanja online. Jika berbelanja seperti pakaian online di situs web yang jarang digunakan, periksa nomor telepon penjual dan hubungi. Jika situs webnya kurang meyakinkan, gunakan google kemudian masukkan nama situs website tersebut. Carilah ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja. Jika banyak konsumen yang mengeluh dengan layanan situs tersebut, sebaiknya tinggalkan saja. Pilihlah situs belanja yang mendapat apresiasi positif dari konsumen.
  2. Lihat kebijakan situs belanja online terhadap data pribadimu. Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web tersebut boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Lihat kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi jika barang yang diterima ternyata cacat. Pastikan Anda boleh mengembalikan barang cacat itu dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uangmu akan dikembalikan.
  3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik. Pastikan paket barangnya aman, dan bacalah deskripsi produk dengan cermat. Perhatikan betul pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.
  4. Jangan mudah tergoda barang murah. Jangan tergiur pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan passwordtanpa izin dari pemilik e-mail. Sebaiknya, kunjungi situs belanja onlineresmi dari perusahaan tersebut dan langsung belanja dari situs tersebut.
  5. Cari tanda kalau situs web itu aman.Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda keamanan itu ada di situs terebut. Ketika diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke ‘https’.
  6. Amankan PC Anda. Minimal PC anda harus punya perangkat anti virus. Lebih baik lagi kalau kau memasang anti spywaredan firewalldi PC Anda. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.
  7. Pertimbangkanlah cara pembayaran. Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit, melalui ATM, atau melalui gerai retail modern. Dengan kartu kredit, maka akan punya bukti kuat kalau sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.
  8. Periksa harga total. Saat belanja online waspada bahwa data pada ponsel bisa bisa dicuri. Harga barang, ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lain.
  9. Simpan bukti transaksi. Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail yang telah dikirim antara Anda dengan penjual, simpan dengan baik.
  10. Matikan PC setelah transaksi. Kalau PC dinyalakan terus, bisa saja ada pembobol yang sudah menanamkan malware dan  mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. Sebaiknya Anda matikan PC setelah Anda bertransaksi.

Demikianlah beberapa cara aman belanja di situs belanja online yang bisa dilakukan. Kenali dengan benar situs belanja populer yang sering dikunjungi konsumen Indonesia untuk belanja online.

 

Shop By Department