Perkembangan Bisnis Ecommerce Indonesia dan Tantangannya

ecommerce

 

 

Bisnis ecommerce yang terus berkembang pesat dari hari ke hari, tentunya akan menghadapi tantangan yang semakin komplek. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online menjadi sebuah pilihan tepat dalam berbisnis. Pelaku bisnis ecommerce pun juga semakin mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Trend yang terus meningkat dalam bisnis ecommerce ini tentunya juga harus diimbangi pula dengan infrastruktur yang memadai. Menurut Aulia E Marinto, Dewan Pengawas Asosiasi ecommerce Indonesia (idEA) tantangan besar bisnis Ecommerce kedepan antara lain;

1.   Alat Pembayaran Bukan dari Rekening Bank

Dalam setiap transaksi ecommerce alat pembayaran masih menjadi masalah yang menjadi hambatan besar dalam perkembangan bisnis ecommerce. Karena sarana yang disediakan dari ecommerce masih mewajibkan konsumen memiliki rekening bank, kartu kredit, ATM, atau mobile banking.

Ditambah pula kondisi masyarakat di Indonesia secara keseluruhan, masih banyak yang belum mempunyai rekening bank. Untuk itu kedepan masyarakat perlu disediakan lebih banyak pilihan metode pembayaran untuk melakukan transaksi belanja secara online.

2.    Koneksi Internet Lambat.

Koneksi internet yang lambat sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang sering terjadi dalam bisnis online. Sudah bukan rahasia umum, bahwa internet di Indonesia ini terbilang sangat lambat bila dibanding dengan negara lain. Selain itu, biaya untuk mendapatkan jaringan juga masih sangat mahal. Jelas dan tidak bisa ditawar lagi ketersediaan koneksi internet mutlak diperlukan untuk memperlancar perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia. Terutama pemerataan internet di berbagai daerah yang harus segera diperbaiki, sehingga bisnis ecommerce di Indonesia akan semakin cepatperkembangannya.

3. Standarisasi Logistik Pengiriman Dalam Bisnis Ecommerce

Tantangan besar lain yang dihadapi dalam bisnis ecommerce adalah masalah logistic. Standar logistik yang mencakup pada waktu pengiriman dan harga pengiriman barang selama ini belum ada. Mengapa harus ada standarisasi pada hal ini, seperti diketahui bersama bahwa banyak masalah terjadi dalam bisnis ecommerce. Banyak konsumen dirugikan karena berbagai masalah terkait pengiriman barang dari ecommerce Indonesia. Seperti keterlambatan pengiriman barang yang diakibatkan kerusakan, bahkan sampai ada barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan.

Kedepannya masalah terkait pengiriman barang dari ecommerce di Indonesia dapat disesuaikan lagi, sehingga tidak akan terjadi lagi kesalahan.

sumber: maxmanroe.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shop By Department