UMKM Tetap Survive di Era Digital UMKM

website-menjadi-rumah-bagi-sebuah-bisnis

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dengan nilai mencapai 60%. Maka dari itu UMKM harus tetap survive dalam menunjang perokonomian di Indonesia, apalagi ditengah teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Teknologi yang berkembang pesat itu adalah kemajuan teknologi digital yang membuat sebagian besar masyarakat lebih memanfaatkan kemajuan tersebut. Maka dari itu, agar dapat tetap survive di era digital, UMKM harus dapat menerapkan strategi yang tepat. Ditambah pula pelaku bisnis juga semakin menjamur saat ini, Strategi yang harus diterapkan adalah sebagai berikut;

  1. Pilihlah Produk Yang Tepat. Pastikan menentukan produk yang tepat untuk dipasarkan. Produk yang menarik, inovatif, kreatif, dan memiliki manfaat bagi penggunanya. Agar bisa mendapatkan produk yang diminati oleh pasar, maka perlu dilakukan riset pasar. Semakin jeli melakukan inovasi, semakin besar pula peluang memenangkan persaingan usaha.
  2. Tentukan Harga Yang Sesuai. Teliti dalam menghitung biaya pengeluaran dan pemasukan selama produksi berlangsung merupakan kunci keberhasilan usaha. Biaya utama para pelaku UMKM adalah biaya modal yang disiapkan oleh diri sendiri dan biaya operasional. Biaya modal meliputi lembaga atau pihak keuangan yang memberi fasilitas kredit terhadap usaha yang sedang dijalankan. Sedangkan untuk biaya operasional meliputi gaji karyawan, bahan baku, dan biaya produksi Tips bagi pelaku UMKM yang memiliki modal kecil, bisa mencari modal tambahan pada lembaga keuangan yang memberikan fasilitas mudah. Seperti, bunga yang rendah, proses cepat, dan jangka waktu panjang.
  3. Lokasi Strategis. Strategi selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang strategis. Bisa membuka usaha di pasar tradisional, atau membuka stand di pasar dadakan yang terkadang buka seminggu sekali. Bisa juga menentukan lokasi usaha pada tempat-tempat yang sekiranya ramai pengunjung, atau sering dilewati orang. Namun di era digital ini, tempat usaha bisa dipilih yang biasa saja. Bisnis bisa berporos pada website.
  4. Sistem Promosi. Mempromosikan produk bisa dilakukan di media sosial merupakan langkah awal yang bagus. Karena masa kini media social menjadi salah satu media promosi yang paling banyak mendatangkan keuntungan. Tidak hanya sebagai alat promosi, bahkan ada juga bisa melayani jual beli secara online. Sistem ini sangat tepat dilakukan untuk memperkenalkan produk secara luas dan cepat.
  5. Sumber Daya Manusia. Strategi yang juga tidak kalah pentingnya yang harus dilakukan adalah pastikan Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam UMKM. SDM yang dimiliki harus paham terhadap bisnis. Mendapatkan karyawan yang sesuai, jangan ragu untuk melakukan rekrutmen dan seleksi. Bergelut di usaha mikro, karyawan harus memiliki pengetahuan dan pandangan bisnis yang mantap, Karena bisnis nantinya akan berkembang pesat.

Demikian strategi UMKM yang bisa terapkan, jika ingin membangun sebuah UMKM. Jadi menerapkan strategi yang tepat di UMKM akan menjadi sebuah bisnis yang sukses dan lancar.

Sumber : herosoftmedia.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shop By Department